Minggu, 16 Desember 2012

Omegle

Sejarah

Banyak sekali situs-situs atau website di internet yang menggunakan layanan pengirim pesan instan yang disebut dengan situs berkomunikasi menggunakan jasa internet. Situs-situs ini memudahkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Kapan saja dan dengan dukungan perkembangan teknologi-teknologi komunikasi yang mutakhir, pengiriman pesan instan sudah bisa dilakukan dari mana saja melalui telepon genggam dan laptop selama ada jaringan. Biasanya, situs-situs pengirim pesan instan ini memberikan layanan kepada pengguna dengan berbagai cara. Seperti webcam, chatting, dan ngobrol secara langsung dengan menggunakan headset yang disebut dengan voice chat.
Situs-situs yang menyediakan dan menggunakan program pengirim pesan instan ini memiliki berbagai jenis cara penggunaan. Jenis yang pertama adalah type chat seperti Y!M atau kepanjangan dari Yahoo Messenger yang disediakan oleh portal web Yahoo yang dimiliki oleh Yahoo! Inc, Windows Live Messenger yang disediakan oleh situs portal web dari Microsoft bernama MSN, dan Google Talk yang disediakan oleh perusahaan publik Amerika Serikat di bidang pencarian internet, Google. Jenis lainnya adalah voice chat dan video chat, seperti Skype, AOL Instan Messaging atau AIM, dan oovoo. Pengembangan dari Y!M dan Windows Live Messenger telah menyediakan fasilitas untuk melakukan voice chat dan video chat, Short Message Service atau SMS, dan juga layanan Telepon ke pengguna telepon genggam.
Omegle dibuat oleh seorang anak laki-laki berusia 18 tahun yang berasal dari Brattleboro, Vermont bernama Leif K-Brooks, pada 25 Maret 2009. Omegle sengaja dibuat untuk para pengguna internet dan pengirim pesan instan untuk mendapat pengalaman dan mendapat teman baru secara acak dalam dunia online. Pada saat peluncuran website ini untuk pertama kalinya, pengguna omegle sudah mencapai angka yang tidak rendah, yaitu 100 pengguna. Lima hari kemudian pengguna omegle bertambah menjadi 1800. Sejak bulan April pengguna situs omegle ini sudah mencapai sekitar 3000, dan situs tersebut dilaporkan mendapatkan 150.000 hits per hari.

Omegle menggunakan teknologi program piranti lunak twisted network yang berbasis tindakan pengguna. piranti lunak ini juga dipakai pada program matematika bernama sage. selain itu juga digunakan pula pada server pengkalenderan milik apple dan situs web mikroblog asal Finlandia bernama Jaiku.
Omegle adalah situs web pengirim pesan instan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara acak dengan mengenalkan konsep baru dalam dunia internet. Maksudnya adalah situs ini pada dasarnya hampir sama dengan program pengirim pesan instan seperti Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Google Talk, atau pengirim pesan instan lainnya yang bertujuan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain dengan cara tidak bertemu langsung melainkan menggunakan alat dan jaringan internet. Situs ini sedang berkembang di Indonesia dan juga tentunya di dunia. Nama Omegle ini merupakan perubahan dari kata omega. Dan lambang omegle adalah lambang omega (Ω) yang dibalik secara diagonal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar