Senin, 19 November 2012

Cap Cay

Sejarah Cap Cay

                Secara tertulis, sejarah cap cay memang tidak pernah diketemukan. Walaupun makanan ini sudah sangat umum dan lazim ditemui dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tak hanya di restoran yang menjual chinese food, di penjual mi dan nasi goreng yang dijajakan gerobak di pinggir jalan pun, menu ini pun bisa dijumpai. 
                Cap cay, dalam dialek Hokkian punya arti harafiah aneka ragam sayur. Jumlah sayur yang dimasak tidak tentu jumlahnya. Walaupun terjadi kesalahkaprahan bahwa cap cay itu berarti 10 macam sayur. Di Amerika, cap cay disebut juga dengan chop suey, berupa masakan sederhana dari aneka sayuran yang dipotong kecil-kecil, yang kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang dan daging ayam.
                Cerita tentang asal usul cap cay memang banyak sekali versinya. Sehingga sulit juga untuk menentukan, kisah mana yang benar. Salah satunya menyebutkan kalau cap cay pertama kali dikenal di daratan Cina pada era Dinasty Qing (1644-1911). Cap cay yang dikenal saat itu berupa potongan sayur-sayuran yang dicampur dengan jerohan hewan.
                Versi lain mengatakan kalau cap cay adalah masakan kaum imigran Cina yang berkelana kemana-mana. Makanan yang dimasak hari itu adalah apa yang ditemuinya hari itu. Semua yang ditemukan hari itu dipotong-potong, kemudian dimasak menjadi satu. Kalau sayur yang ditemukan lebih banyak, maka cap cay hari itu menjadi semakin mewah. Tapi di Cina sendiri, masakan ini tidak dikenal. Hanya di wilayah Taisan, yang mayoritas penduduknya pengelana dan kaum imigran, istilah masakan cap cay ini dikenal dan ada.
                Sementara versi yang populer di Amerika menceritakan bahwa kunjungan Li Hung Chang, duta besar Cina ke New York pada 29 Agustus 1896, menjadi latar belakang munculnya masakan cap cay di Negeri Paman Sam itu. Dalam sebuah jamuan makan malam, Li Hung Chang menolak semua hidangan mewah. Ia pun menugaskan juru masak pribadinya untuk menyiapkan menu. Sang koki akhirnya menciptakan masakan yang bisa diterima oleh lidah Amerika dan Eropa. Hingga jadilah masakan cap cay itu. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar