Sabtu, 15 September 2012


10 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Untuk Bayi
Monday, May 7th, 2012 at 2:54 am  
http://webwanita.com/wp-content/uploads/2012/05/manfaat-susu-asi.jpgDikaruniai seorang buah hati memang menjadi moment yang sangat ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh anggota keluarga, khususnya untuk sang ibu. Sang ibu akan memberikan hal yang terbaik untuk buah hatinya. Dua tahun pertama sang bayi merupakan masa yang sangat rentan, karena dimasa ini akan menentukan masa depan sang bayi. Asupan gizi yang baik di usia emas sang bayi, maka sang bayi akan tumbuh menjadi anak yang sehat, akan tetapi bila hal sebaliknya yang terjadi, sang bayi tidak memperoleh asupan gizi yang baik, maka bukan hal yang mustahil bila sang anak akan mengalami ganguan dalam pertumbuhannya baik secara fisik maupun psikologinya. Oleh karena itu untuk semua orang tua, khususnya para ibu menjadi sangat krusial untuk bisa mencukupi pemenuhan gizi yang baik dan seimbang dimasa emas sang buah hati. ASI merupakan sumber utama yang diperlukan sang buah hati di awal kehidupannya didunia ini, adapun 10 manfaat ASI yang menjadi alasan kenapa ASI menjadi “wajib” hukumnya untuk pemenuhan gizi bayi adalah sebagai berikut:
1. ASI Kaya Akan Zat Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi
Bila dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk sang buah hati, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.
2. ASI Sebagai Sarana untuk Mendekatkan Sang Ibu dengan Sang Buah Hati
ASI, menjadi makanan utama sang buah hati, selain karena kegunaannya sebagai makanan utama ASI juga berperan dalam mendekatkan kedekatan jiwa antara sang ibu dan sang anak. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak yang mendapatkan ASI eklusif dari sang ibu akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.
3. ASI memberikan kekebalan yang optimal untuk bayi
Karena ASI memiliki banyak keunggulan kandugan zat-zat penting yang terkandung didalamnya yang membuat bayi berkembang dengan optimal. ASI juga mempunyai keunggulan lain untuk pembentukan sistim Imun sang bayi. Sistem imum merupakan sistim yang sangat krusial untuk sang bayi, semakin baik sistim imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistim imun atau sistim kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.
4. ASI Tidak Basi dan Selalu Segar
Tidak seperti susu yang lain, ASI tidak akan basi, karena ASI langsung dihasilkan dipayudara sang ibu tanpa campur tangan bahan kimia, yang terpenting selama asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu bergizi seimbang dan tepat , maka ASI yang dihasilkanpun memiliki kualitas yang baik.
5. ASI Lebih Higenis Dibandingkan dengan Susu Lain
Karena ASI langsung diberikan melaui puting sang ibu dengan ASI yang tersimpan dipayudara ibu akan menjaga keadaan ASI steril dan dengan suhu yang tepat sesuai untuk kebutuhan sang buah hati. Bila dibandingkan dengan susu formula atau susu kaleng, keduannya memerlukan alat bantu berupa botol dot agar bisa dikonsumsi oleh sang bayi. Kesterilan dari susu seperti ini perlu dipikirkan lagi, karena dalam proses pembuatan susu dan memasukan ke dalam botol ada banyak kemungkinan bahwa susu tersebut tercemar dengan senyawa lain, entah dari susunya sendiri sudah tercemar, air yang digunakan belum tentu streril dan yang penting botol dot yang digunakan untuk minum sang bayi juga belum tentu bebas dari kuman.
6. ASI Menjadi Pelindung yang Baik
ASI menjadi pelindung yang baik untuk sang bayi dari berbagai penyakit atau insiden seperti kematian bayi secara mendadak, gangguan pencernaan, diare , infeksi telinga dan lain-lain.
7. ASI Akan Berubah Sesuai Kebutuhan Bayi
ASI memiliki sistematika cara kerja yang sangat unik, karena dengan sendirinya komponen ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan dan usia sang bayi.
8. ASI merupakan pelindung dari berbagai alergi makanan
ASI juga mampu memberi rangsangan kepada sang bayi agar kebal terhadap berbagai bahan makanan, perlu diingat untuk hal ini keragaman dan ke-berimbagan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu akan turut menentukan.
9. ASI Makanan yang Tepat untuk Bayi
ASI sangat penting keberadaanya khususnya untuk bayi usia 0-6 bulan, karena di usia ini ASI merupakan makanan wajib bagi sang buah hati.
10. Bermanfaat untuk Ibu dan Bayi
Manfaat ASI bukan hanya untuk sang bayi akan tetapi juga untuk sang ibu , karena dengan menyusui sang ibu dapat melepaskan ketegangan yang ada pada payudaranya,selain itu memperkecil resiko sang ibu terkena kanker ovarium, dibanding dengan wanita yang tidak memberikan ASI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar